5 Bahaya akibat menggunakan earphone terlalu lama

Pastikan Anda telah menyukai Situs Apa? di Facebook untuk mendapatkan pemberitahuan update artikel pilihan terbaru kami secara langsung melalui Facebook (gratis & bukan spam!).

Bahaya menggunakan earphone - Saat ini perkembangan teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat, semua itu demi memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi manusia. Namun, ternyata ada beberapa sisi buruk dari perkembangan teknologi yang telah diciptakan oleh manusia, yang bahkan berdampak buruk bagi kesehatan manusia itu sendiri. Salah satunya adalah akibat pengunaan earphone yang terlalu lama.

Hampir setiap orang yang memiliki gadget seperti handphone, laptop, dan komputer. Pasti mereka sudah sangat sering sekali menggunakan earphone untuk membantu mereka mendengarkan musik atau audio lain dari perangkat tersebut. Bahkan ada juga yang menggunakannya selama berjam-jam tanpa henti.

Jika Anda memang sangat suka sekali mendengarkan musik melalui earphone, sebaiknya mulai saat ini batasi penggunaanya. Waspadai beberapa masalah yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita akibat menggunakan earphone. Berikut adalah beberapa akibat yang ditimbulkan dari penggunaan earphone yang telah berhasil kami lansir dari Health Site.

Bahaya akibat menggunakan earphone

Bahaya menggunakan earphone

1. Kehilangan pendengaran

Suara yang dikeluarkan dari earphone sebaiknya tidak melebihi 90 desibel. Sebab, suara yang dikeluarkan akan langsung mengenai gendang telinga, jika volume earphone melebihi batasan tersebut, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada pendengaran.

Untuk batasan waktu, seharusnya manusia tidak menggunakan earphone selama lebih dari 15 menit. Jadi, ketika kita mendengarkan lagu melalui earphone, sebaiknya lepaskan dulu earphone setiap 15 menit, lalu istirahatkan lah telinga terlebih dahulu. Parahnya lagi, jika mendengarkan earphone terlalu lama dapat mengakibatkan hilangnya pendengaran.

2. Infeksi telinga

Earphone sebaiknya hanya digunakan sendiri. Dengan kata lain, setiap orang hanya menggunakan earphone miliknya saja. Jangan mendengarkan musik menggunakan earphone orang lain. Karena kebiasaan itu sangat tidak menyehatkan.

Ada kemungkinan telinga kita mengalami infeksi apabila menggunakan earphone secara saling bergantian satu sama lain. Hal ini dikarenakan oleh bakteri yang terdapat pada earphone akan berpindah yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Penyumbatan saluran udara

Tidak sedikit perusahaan earphone yang mendesain produk mereka agar sebisa mungkin tidak ada suara yang keluar dari telinga. Hal ini bertujuan agar suara yang dihasilkan oleh earphone terasa semakin jelas dan bersih.

Menggunakan earphone dengan model seperti itu dapat menyumbat saluran udara pada telinga. Dampaknya, kotoran yang terdapat pada telinga akan semakin menumpuk dan dapat menyebabkan infeksi dan yang lebih parah lagi yaitu kehilangan pendengaran.

4. Sakit telinga

Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang sering mendengarkan suara menggunakan earphone atau headphone cenderung lebih sering mengalami sakit pada bagian telinga. Mereka juga menjadi lebih sering memeriksakan diri ke dokter mengenai masalah pada telinganya.

Tak hanya itu saja, selain sakit telinga. Ada juga beberapa masalah telinga lain yang mereka rasakan, seperti mendengar suara-suara aneh pada telinga, mati rasa pada telinga, dan masalah lainnya.

5. Kerusakan otak

Pada saaat kita mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone, saat itu juga gelombang elektromagnetik dari earphone masuk ke dalam telinga. Meski belum ada penelitian yang pasti mengenai apakah terlalu sering mendengarkan earphone dapat mengakibatkan kerusakan otak, namun penelitian berhasil mengungkap orang yang terlalu sering menggunakan earphone akan lebih rentan terkena masalah pada otak.

Baca: Tips cara alami mengatasi rambut rontok berlebihan

Bahaya dari menggunakan earphone terlalu lama ternyata tidak bisa dianggap hal yang sepele. Jika kalian termasuk orang yang sering mendengarkan musik menggunakan earphone, sebaiknya perhatikan dulu bagaimana model earphone yang akan dipakai, jangan terlalu kecil karena akan menyumbat udara pada telinga, jangan menyetel lagu terlalu keras, dan pastinya tidak boleh menggunakan earphone terlalu lama, jangan lupa  juga untuk selalu membersihkannya agar tetap bersih.
Tolong bantu dukung kelangsungan hidup Situs Apa? ini dengan membagikan artikel 5 Bahaya akibat menggunakan earphone terlalu lama ini ke beberapa media sosial diatas. Dapatkan update artikel terbaru kami melalui media sosial berikut ini: Facebook / Twitter / Google Plus . Jika ingin mendapatkan pemberitahuan langsung ke email mu secara gratis!? Masukkan alamat email pada kolom lagganan di bawah, lalu klik Subscribe Now!

Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar