Misteri dan sejarah dibalik lagu Nina Bobo

Pastikan Anda telah menyukai Situs Apa? di Facebook untuk mendapatkan pemberitahuan update artikel pilihan terbaru kami secara langsung melalui Facebook (gratis & bukan spam!).

Sejarah dan misteri lagu nina bobo

Sejarah lagu nina bobo - Lagu nina bobo pasti sudah akrab sekali didengar oleh telinga kita. Setiap orang pasti sudah pernah mendengar lagu nina bobo semasa kecilnya. Ya, lagu tersebut biasanya dinyanyikan oleh sang ibu ketika hendak menidurkan anaknya. Lagu ini tercipta sejak jaman dulu dan dinyanyikan secara turun-temurun dan dari generasi ke generasi. Karena nadanya yang sederhana dan liriknya yang mudah untuk dihapal, menjadikan lagu ini banyak dinyanyikan ketika seorang ibu hendak mencoba untuk menidurkan anaknya.

Namun, taukah kalian sejarah dibalik lagu yang melegenda tersebut? Dan penasarankah kalian mengapa lirik pada lagu tersebut menggunakan nama seorang anak perempuan yang bernama 'Nina'? Mengapa tidak nama lainnya? Selain itu, terdapat juga sepenggal misteri dari lagu nina bobo yang sering dinyanyikan sebagai penghantar tidur ini. Sudah semakin penasaran? Berikut adalah ulasannya.

Sejarah dari Lagu Nina Bobo

Sejarah lagu Nina Bobo ini berawal dari sebuah lagu yang selalu dinyanyikan oleh seorang ibu yang bernama Mustika. Ia adalah seorang wanita asal jawa yang menikahi seorang pria asal negeri kincir angin, Belanda yang bernama Van Rodjink. Berkat pernikahan mereka, akhirnya mereka dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Helelina Mustika Van Rodjink yang kerap dipanggil dengan sebutan 'Nina'. Mustika sang ibu selalu menayikan lagu nina bobo untuk mengiringi sang putri hingga tertidur lelap. Hal ini terus ia lakukan setiap hari hingga akhirnya Helelina Mustika Van Rodjink menutup usia. Namun, sang  ibu ternyata tidak menerima kepergian putrinya tersebut.

Setelah kepergian Nina pada tahun 1929, sang ibu menjadi sering sakit-sakitan. nampaknya sang ibu masih belum bisa menerima kepergian putrinya. Ia juga masih tetap menyanyikan lagu nina bobo setiap malam di kamar yang dulu ditempati oleh Nina seakan anaknya Nina masih ada seperti yang biasa ia lakukan setiap malam. Tragisnya lagi, Mustika yang merupakan ibunda dari Nina akhirnya ikut menutup usia karena sakit yang dialaminya semenjak kepergian Nina.

Misteri dari Lagu Nina Bobo

Nah, dari sinilah awal mula munculnya misteri dari lagu penghantar tidur Nina Bobo. Setelah sang ibu dan putrinnya meninggal dunia. Van Rodjink merasa sangat terpukul karena kedua orang yang ia cintai telah tiada. Dalam kesedihan yang amat dalam tersebut. Van Rodjink melakukan kebiasaan seperti yang dilakukan oleh istrinya Mustika semasa hidup. Yaitu menyanyikan lagu Nina Bobo untuk putri tercintanya. Kegiatan itu terus ia lakukan selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya sang ayah sudah berhenti dan tidak menyanyikan lagu Nina Bobo lagi seperti biasanya didekat tempat tidur Nina.

Sehingga, pada suatu malam Van Rodjink mendengar suara tangisan seorang anak wanita. Lalu ia pun menelusuri tempat asal dari suara tangisan tersebut. Kemudian, ia melihat Nina sang anak. Kemudian Nina bertanya kepada ayahnya "Papa, kenapa papa tidak pernah menyanyikan lagu Nina Bobo untuk Nina lagi?" Tanya Nina sambil menangis. Setelah kejadian tersebut, akhirnya Van Rodjink kembali menyanyikan lagu tersebut setiap malam, hingga akhirnya suara tangisan pun tak pernah terdengar lagi.

Nah, ternyata lagu Nina Bobo menyimpan sejarah dan misteri yang sangat menyentuh. Begitu besar rasa sayang sang ibu kepada Nina anaknya. Walaupun ia menyadari putrinya telah meninggal, Sang ibu tetap menyanyikan lagu pengiring tidurnya seakan Nina masih ada. Tak hanya Mustika sang ibu, ayah Nina juga ternyata sangat sayang sekali kepada anak dan isterinya, terbukti bahwa ia melanjutkan kebiasaan seperti yang dilakukan sang isteri untuk Nina sebelum ia meninggal.

Sekarang, lagu tersebut tidak hanya dikenal di pulau jawa saja, tetapi sudah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Lagu Nina Bobo pernah dibawakan oleh salah satu band orkestra dalam konser yang diadakan di Belanda.

Sampai saat ini, lagu Nina Bobo masih sering dinyanyikan oleh seorang ibu ketika mereka ingin menidurkan anaknya. Selain itu, apabila seorang anak susah sekali untuk tidur dan terus-menerus menangis, sang ibu akan menyanyikan lagu nina bobo hingga akhirnya sang anak tenang lalu tertidur dengan pulas. Sekian sejarah dan misteri lagu nina bobo. Semoga bermanfaat.
Tolong bantu dukung kelangsungan hidup Situs Apa? ini dengan membagikan artikel Misteri dan sejarah dibalik lagu Nina Bobo ini ke beberapa media sosial diatas. Dapatkan update artikel terbaru kami melalui media sosial berikut ini: Facebook / Twitter / Google Plus . Jika ingin mendapatkan pemberitahuan langsung ke email mu secara gratis!? Masukkan alamat email pada kolom lagganan di bawah, lalu klik Subscribe Now!

Previous
Next Post »
Terima kasih sudah berkomentar